Belajar Mengetahui Jenis Jenis Karton Box

Karton box atau yang biasa dikenal dengan istilah kardus saat ini memang menjadi salah satu barang yang paling dibutuhkan. Biasannya box ini dibuat oleh pabrik karton box untuk kemudian dijual pada industri menengah ke atas yang membutuhkan kemasan untuk produk mereka. 

Salah satu fungsi dari karton yang paling kita kenal adalah untuk mengemas atau mengepak barang dan material sebelum barang tersebut dikirim maupun dipasarkan. Selain itu, kardus seperti ini juga dapat dimanfaatkan untuk digunakan dalam menyimpan berbagai macam barang bekas yang sudah tidak terpakai lagi agar lebih rapi.

Namun sayangnya tidak semua karton ini mempunyai kualitas yang bisa tahan dipakai selama kehidupan sehari-hari. Setidaknya terkadang ada saja box atau dus yang dapat rusak saat tertindih atau jatuh dari tempat yang tinggi. 

Tidak hanya itu saja, kardus juga sangat rentan saat terkena air sehingga kita harus menjauhkan karton ini dari air yang bisa menggenang. 

Istilah Yang Terdapat Pada Karton Box Atau Kardus

Selanjutnya kita akan membahas tentang istilah-istilah apa saja yang terdapat pada karton atau kardus. Nah berikut dibawah ini adalah beberapa istilah yang ada pada karton box. 

Creasing

Kata Creasing ini diambil dari bahasa Inggris yaitu Crease yang artinya adalah lipatan atua melipat. Dimana dalam istilah pada karton, Creasing ini merupakan tanda bakal lipatan yang berupa cekungan lurus yang nantinya bisa digunakan untuk membantu proses melipat kardus. 

Slot

Berikutnya selain Creasing ada istilah juga Slot, dimana Slot ini juga dikenal dengan nama Slotter yang merupakan garis atau lubangan yang nantinya digunakan untuk memotong serta memisahkan antara tutup kardus. 

Flap

Terakhir, ada istilah yang disebut dengan nama Flap. Flap adalah tutup yang terdapat di kardus yang berbentuk standar dengan fungsi utama untuk menjadi penutup dari kardus.

Nah itulah beberapa pembahasan mengenai karton box lebih jauh, semoga informasi yang saya sampaikan kali ini bermanfaat untuk anda terutama bagi anda yang ingin memulai usaha dibidang kemasan packaging. 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *