Cara Bertahan di Tengah Perubahan Algoritma Instagram


Ajaib.co.id – Algoritma Instagram berubah mengikuti tren yang muncul di kalangan pengguna. Anda perlu memperhatikannya. Jika tidak, Anda akan kehilangan engagement yang mana bisa merugikan bisnis Anda.

Faktanya, IG mulai digunakan sebagai social media marketing untuk media pemasaran produk. Banyak pelaku bisnis yang menjual produk melalui akun bisnis IG. Dengan begitu, akan muncul persaingan yang ketat sehingga pebisnis yang jeli lebih berpeluang untuk memperoleh konsumen.

Kejelian seseorang ini berkaitan langsung terhadap apa yang harus dikerjakan. Mengelola akun IG dengan tepat menjadi pilihan yang harus ditempuh. Untuk pengelolaan yang baik, pebisnis perlu memahami tentang cara kerja dari algoritma Instagram.

Tidak masalah jika algoritma ini berubah setiap waktu. Yang paling penting, perubahan ini tidak mempengaruhi pada pencapaian yang Anda dapatkan. Jika ini yang Anda inginkan, mari bedah caranya supaya bisa bertahan di tengah perubahan algoritma IG berikut ini.

Faktor yang Mempengaruhi Algoritma Instagram

Algoritma merupakan sebuah sistem. Dijalankan dalam sebuah aplikasi untuk mengelola banyak hal. Orang yang memahami algoritma dari sebuah aplikasi mampu memaksimalkan aplikasi tersebut. Contohnya ialah memperoleh posisi teratas dari hasil pencarian di IG.

Fokus di sini ialah memaksimalkan post agar tetap berada di halaman teratas. Tentunya ketika pengguna mengetik kata kunci, di situlah post akan direkomendasikan oleh IG. Nah, eksistensi post dari pemilik IG ini dipengaruhi oleh beberapa hal.

Pertama berkaitan dengan minat dari pengguna IG. Algoritma ini akan melihat perilaku pengguna. Misalnya minat pengguna berkaitan dengan traveling, maka postingan yang muncul di tiap kali membuka Instagram ialah seputar traveling.

Dan postingan yang berada di urutan teratas ini dipengaruhi oleh seberapa besar like, comment ataupun save yang dilakukan oleh pengguna lain. Jadi, semakin banyak post yang memperoleh engagement, maka post ini akan sering tampil di posisi teratas.

Kedua berkaitan dengan hubungan pengguna dengan postingan. Ini dipahami sebagai bagian dari interaksi yang Anda lakukan sebelumnya pada akun orang lain. Interaksi ini berupa komentar, suka, DM dan lain sebagainya.

Ketika pemilik akun menerbitkan sebuah gambar atau video, otomatis postingan ini akan dimunculkan di timeline Anda. Karena IG memandang bahwa Anda membutuhkan postingan serupa.

Ketiga berkaitan dengan waktu. Postingan yang selalu diperbarui ini akan membuatnya terus tampil. Bahkan bisa membenamkan konten yang diunggah beberapa hari sebelumnya.

Sementara sisanya berkaitan langsung dengan following dan frekuensi penggunaan akun. Semakin sering membuka IG, tampilan post semakin kronologis. Anda akan menemukan post terbaru secara urut.

Strategi Bertahan Terhadap Perubahan Algoritma IG

Algoritma Instagram boleh berubah, tetapi keterlihatan konten tidak boleh menurun. Untuk itulah, terapkan strategi penggunaan Instagram atau Instagram marketing yang tepat supaya konten yang dibagikan tetap bisa dilihat oleh pengguna IG. Lebih-lebih, jumlah orang yang melihat semakin besar sehingga akun Anda semakin eksis. 

Nah, kami akan membagikan bagaimana caranya menjaga akun tetap terlihat di tengah perubahan algoritma tersebut. Berikut ini tips yang sebaiknya diterapkan.

Atur Kualitas Foto

IG identik sekali dengan foto maupun video. Di sini, konten inilah yang harus diperbaiki. Usahakan agar konten yang dibagikan memiliki kualitas terbaik.

Konten yang kualitasnya bagus lebih mudah untuk mendapatkan engagement. Ketika memperoleh respon dari pengikut, konten akan semakin naik. Bahkan terlihat oleh banyak pengguna IG.

Konsisten Menerbitkan Cerita

Instagram story atau cerita yang ada dalam akun terletak pada kolom teratas. Fitur ini memungkinkan followers lebih cepat melihatnya. Karena sudah pasti cerita ini terbuka lebih awal.

Menariknya, pengguna memiliki rasa penasaran terhadap cerita yang dibagikan. Artinya, ada potensi bahwa cerita ini lebih cepat memperoleh engagement seperti love, direct message dan lain sebagainya.

Terbitkan Lebih Banyak Video

Perlu diketahui bahwa IG memperlakukan konten sama. Baik itu video maupun foto. Ini jelas memberikan kesempatan bagi pemiliknya untuk terus eksis.

Namun, konten video tampak lebih digemari. Setidaknya, banyak hal yang bisa dinikmati dari konten tersebut. Dan peluang untuk memperoleh like dan share sangat besar.

Ketika banyak di-share atau memperoleh engagement tinggi, video ini akan terus tampil. Bahkan direkomendasikan ke pencarian. Hasilnya, akun Anda semakin populer dan mampu menarik pengikut dengan cepat.

Seringlah untuk Siaran Langsung

Fitur siaran langsung akan memberikan notifikasi penting bagi followers. Notifikasi ini bahkan terlihat meskipun pengikut tidak sedang membuka akunnya. Dengan notifikasi ini, followers memahami bahwa ada konten baru yang bisa dilihat ketika dinilai menarik.

Tag Teman

Buat kutipan menarik dan sebut nama teman dalam postingan. Ini bisa membantu dalam memancing sebuah interaksi. Interaksi yang terjadi membuat post semakin ramai dan banyak apresiasi.

Banyaknya interaksi sangat berpengaruh pada keterlihatan postingan. Dan ini sudah mengikuti kebijakan dari algoritma Instagram. Makanya, akun Anda akan semakin populer.

Posting Pada Jam Sibuk

Ketika ingin segera memperoleh engagement, pastikan untuk menampilkan konten pada waktu yang tepat. Usahakan supaya penerbitan foto atau video dilakukan pada jam sibuk. Setidaknya, banyak pengguna IG yang masih aktif.

Jangan lupa untuk menambahkan hashtag setiap kali membuat konten. Hashtag ini akan memberikan sinyal pada algoritma. Hal ini dikenali mesin pencari sehingga postingan akan direkomendasikan secepatnya.

Mengenai hashtag, pilih hashtag dengan volume pencarian tinggi. Lakukan setiap kali menerbitkan konten, dan lakukan secara rutin. Hasilnya, akun IG akan semakin ramai dan sering memperoleh engagement dari pengguna IG.

Kesimpulannya, jaga konsistensi dalam menerbitkan konten. Serta perhatikan kualitasnya agar menarik perhatian pengguna. Dengan cara demikian, akun Anda tidak akan terpengaruh oleh perubahan algoritma Instagram.





Source link

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *