Cara Membuat Donat agar Empuk dan Mengembang Sempurna


Ajaib.co.id – Cara membuat donat memang terlihat cukup mudah. Namun apakah donat yang Anda buat empuk dan mengembang sempurna? Kedua hal inilah yang cukup sering dihadapi saat membuat donat sendiri di rumah. Namun sebenarnya semua itu bisa diatasi dengan sangat mudah. 

Misalnya saja pada saat donat yang dibuat justru keras dan bantet. Nah, agar donat yang Anda buat bisa empuk dan mengembang sempurna, beberapa tips di bawah ini bisa Anda coba. Dijamin hasil donat yang Anda buat memiliki tekstur empuk dan mengembang dengan sempurna. 

Agar Donat Empuk dan Mengembang

Sebenarnya cara membuat donat yang lembut dan empuk mudah sekali. Dalam hal ini Anda bisa menggunakan ragi sebagai pengembang atau pelembut adonan donat. Meskipun demikian, tahap mengolah adonan donat pun penting untuk diperhatikan. Tujuannya agar ragi dan bahan lain bisa bercampur secara maksimal

Pada saat mencampurnya, sebaiknya masukkan terlebih dahulu air hangat ke dalam mangkuk. Setelah itu baru taburkan ragi ke dalam mangkuk. Barulah kemudian Anda memasukkan adonan lain ke dalamnya. 

Aduk rata lalu campur semua bahan tadi hingga lentur. Dan ketika Anda sentuh dengan tangan tetap kering. Cara mengaduknya adalah sambil ditekan-tekan. Atau seperti pada saat Anda sedang mencuci pakaian

Agar adonan donat bisa mengembang sempurna, perhatikan suhu adonan. Suhu adonan sendiri sangat tergantung air yang digunakan sebagai bahan adonan. Sebaiknya gunakan air hangat dengan suhu 26 sampai dengan 280C. Jangan sampai air yang Anda gunakan terlalu panas atau sebaliknya, terlalu dingin. 

Jika air yang Anda gunakan terlalu panas, hal ini akan membuat proses fermentasi ragi menjadi lebih cepat. Akibatnya adonan donat secara tekstur menjadi kurang bagus. Akibatnya adonan donat mudah gosong pada saat digoreng. 

Selain itu, donat yang sudah makan pun ukurannya tidak bisa mengembang dengan baik. Tidak mampu bertahan lama dan membuat donat menjadi keras. Selain menggunakan air hangat, Anda juga bisa menggunakan susu cair hangat. Selain bisa melembutkan, juga bisa menambah cita rasa donat menjadi lebih nikmat. 

Poin penting lain yang harus Anda ingat adalah proses fermentasi sangat penting untuk membuat adonan donat menjadi lembut dan mengembang. Proses fermentasi sebaiknya dilakukan pada suhu dan tingkat kelembapan kamar. 

Dalam hal ini Anda bisa menggunakan kain sebagai penutup untuk menjaga kelembapan adonan. Setelah itu diamkan kurang lebih 1 sampai dengan ½ jam. Apa yang Anda lakukan ini seharusnya bisa membuat adonan mengembang menjadi 2 hingga 3 kali lipat dari ukuran awal. 

Pada saat adonan Anda bagi menjadi bagian kecil-kecil, pastikan jika ditekan tidak kembali ke bentuk awal. Jika saat Anda tekan masih kembali ke bentuk awal, maka adonan belum siap untuk digoreng. Sebaiknya diamkan kembali terlebih dahulu. 

Proses penggorengan juga bisa dikatakan sebagai salah hal yang cukup krusial. Dalam hal ini suhu minyak harus diperhatikan betul-betul.

Tujuannya agar donat bisa lembut dan matang secara sempurna. Suhu ideal saat menggoreng donat adalah 1900C. Suhu yang tepat mampu membuat donat menguning keemasan. 

Selain poin-poin di atas, beberapa poin penting lain yang harus diperhatikan agar donat empuk dan mengembang adalah: 

Biasanya terigu yang umum digunakan adalah terigu yang memiliki range protein 11% hingga 13%. Nah, saat membuat donat Anda bisa mengakalinya dengan mencampur terigu yang berprotein tinggi dan terigu yang berprotein sedang. 

Jika hanya menggunakan terigu protein tinggi, hasilnya jadi besar dan mengembang ke atas. Sebaliknya jika hanya menggunakan terigu protein sedang, donat lembut namun tidak bisa mengembang sempurna. 

Selain itu, penting juga untuk memperhatikan kadar moisture dalam terigu. Kadarnya tidak boleh lebih dari 14,5%. Alasannya di atas angka tadi mudah sekali menimbulkan jamur, bakteri, kutu, dan lain sebagainya. 

Gula yang digunakan dalam adonan donat tidak banyak. Maksimal yang digunakan adalah 15% dari berat tepung. Gula di sini memiliki fungsi sebagai pemberi rasa, makanan ragi, memberi warna, membuat empuk, dan agar memiliki daya tahan lebih lama. 

Langkah Membuat Donat Empuk dan Mengembang

Cara membuat donat empuk dan mengembang sangatlah mudah. Namun dengan catatan Anda harus jeli saat proses pembuatannya. Nah, agar donat yang Anda buat memiliki tekstur lembut dan juga mengembang secara sempurna, berikut ini langkah-langkahnya: 

Bahan-bahan yang Harus Disiapkan

Bahan-bahan yang harus dipersiapkan meliputi:

  • Tepung terigu protein tinggi (500 gram).
  • Gula pasir (100 gram).
  • Ragi instan (11 gram atau 1 bungkus).
  • Baking powder (1/4 sdt).
  • Garam (1/2 sdt).
  • 2 kuning telur.
  • Mentega (100 gram).
  • Susu cair (250 ml). 

Olesan Donat

Untuk olesannya, siapkan mentega, cokelat yang sudah ditim, messes, selai, dan gula halus. Atau Anda pun bisa menggunakan bahan lain yang sesuai dengan selera. 

Langkah Pembuatan Donat

  1. Campurkan tepung terigu, gula, ragi instan, baking powder, dan garam. Setelah itu aduk dengan tangan lalu tambahkan kuning telur. Aduk kembali dengan tangan hingga berbentuk butiran halus. Kemudian tuangkan susu cair sedikit demi sedikit.
  2. Aduk kembali sampai tercampur rata. Tambahkan mentega lalu aduk dengan gerakan memutar. Sesekali banting adonan. Terus lakukan sampai adonan kalis dan licin. Kurang lebih 15 menit. 
  3. Kumpulkan adonan menjadi satu dalam baskom. Setelah itu tutupi dengan kain bersih. Diamkan kira-kira 1 jam. Kemudian kempiskan adonan dengan meninju adonan tadi sampai udara keluar dan adonan menjadi kempis. 
  4. Bagi adonan dan buat seperti bola. Setelah itu diamkan lagi selama 10 menit. Barulah kemudian lubangi adonan tadi. Untuk hasil terbaik, sebaiknya lubangi adonan tadi dengan menggunakan tangan.
  5. Setelah 10 menit, adonan donat siap digoreng. Setelah matang Anda bisa taburkan gula halus atau menghiasnya dengan topping sesuai selera. 

Seperti itulah beberapa poin penting hingga tahapan untuk membuat donat lembut dan mengembang sempurna. Sampai di sini pastinya Anda sudah paham bagaimana cara membuat donat yang empuk dan mengembang sempurna.





Source link

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *