Cara Menjadi Seniman Kopi Profesional Tanpa Sekolah Barista


Ajaib.co.id – Untuk menjadi seorang barista profesional sebenarnya tidak harus mengikuti kelas kursus atau sekolah barista berbayar. Terbukti sudah banyak para barista andal yang justru belajar secara otodidak atau gratisan. Artinya siapapun bisa menjadi seorang barista profesional tanpa harus sekolah atau kursus barista terlebih dahulu. 

Yang menjadi pertanyaannya kemudian adalah bagaimana cara menjadi barista pro secara otodidak? Sebenarnya banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan. Terlebih lagi di era yang semakin canggih seperti sekarang ini. Namun yang perlu diingat adalah untuk Anda yang masih pemula, sekolah barista lebih direkomendasikan daripada belajar secara otodidak. 

Ikut Kursus Barista Secara Online

Untuk bisa menyajikan kopi yang sempurna, tidak bisa hanya mengandalkan mesin espresso dan biji kopi saja. Artinya semua itu ada ilmunya. Nah, untuk Anda yang ingin belajar secara otodidak, berikut ini adalah beberapa link portal yang menyajikan ilmu dan bisa dijadikan referensi saat belajar jadi seorang barista. 

Whole Latte Love TV

Channel YouTube yang satu ini sangat membantu untuk menemukan mesin espresso terbaik sesuai kebutuhan Anda. Selain itu, saluran ini juga berisi tentang aneka review mesin espresso, resep kopi, cara penggunaan berbagai jenis mesin espresso, tips perawatannya, dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Majalah Kopi Otten

Situs berbahasa Indonesia yang satu ini berisi tentang berbagai metode pembuatan bir, aneka tips, hingga profil puluhan barista baik dari dalam maupun luar negeri. Sisi unik lain dari situs ini adalah menyajikan cerita dan pengalaman ngopi dari kafe-kafe yang ada di benua. Selain itu Anda pun bisa belajar menjadi barista lewat video-video yang ada di channel YouTube mereka. 

Chefsteps

Situs yang satu ini memberikan kesempatan untuk kursus barista secara online. Materinya berisi pengantar tentang teori dasar membuat espresso, latte art, steaming milk, hingga resep-resepnya. Selain itu juga berisi tentang informasi lain yang berkaitan dengan kopi. Mulai dari sejarah kopi, mesin penggilingan, timbangan, hingga cara memilih biji kopi dan diskusi seputar espresso

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda pilih jika ingin belajar ilmu barista secara otodidak. Namun jika Anda ingin belajar ilmu barista secara lebih mendalam lagi, maka sekolah barista adalah pilihan cerdas yang harus Anda lakukan. 

Racikan Kopi Barista Vs Mesin

Di dalam pembuatan secangkir kopi yang nikmat, dikenal ada dua teknik yang digunakan untuk menyeduh kopi atau brewing. Pertama adalah dengan menggunakan mesin atau machine espresso. Kedua adalah dengan cara manual atau manual brewing. Yang perlu Anda tahu adalah kedua teknik ini memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. 

Jika suatu kedai kopi memiliki jumlah pengunjung banyak dalam waktu sehari, mesin kopi bisa melayani pelanggan dengan cepat. Di sisi lain, pemilik kedai pun tidak memerlukan waktu lama untuk melatih seorang barista baru. 

Ditambah lagi, karena takaran kopi sudah diatur sebelumnya oleh mesin, tingkat kegagalan dalam mengolah kopi pun menjadi sangat kecil. Meskipun demikian, untuk para penikmat kopi banyak yang berpendapat mesin espresso otomatis yang canggih sekalipun belum bisa mengalahkan karya kopi dari barista andal. 

Tetapi di sisi lain pembuatan kopi dengan cara manual seperti ini sedikit memakan waktu cukup lama. Alasannya butuh proses yang panjang hanya untuk menghasilkan dua atau tiga cangkir gelas dalam sekali proses. 

Tidak hanya itu saja, tingkat kegagalannya pun dikatakan cukup tinggi. Sebab jika salah meracik kopi maka secara otomatis akan berpengaruh terhadap cita rasa dari kopi itu sendiri. Namun di sisi lain pembuatan kopi secara manual bisa menjadi daya tarik tersendiri. 

Hal ini dikarenakan para pengunjung bisa secara langsung melihat kelihaian para barista pada saat meracik kopi. Ditambah lagi dengan kepiawaian seorang barista dalam seni membuat latte art pastinya bisa memberikan nilai jual tersendiri. 

Oleh sebab itu wajar saja jika banyak yang rela mengeluarkan biaya besar hanya untuk belajar seni penyajian kopi. Bahkan kini jika Anda perhatikan mulai banyak sekolah-sekolah untuk menjadi seorang barista profesional dan andal. 

Rekomendasi Sekolah Barista Terbaik di Indonesia

Ada harga ada kualitas. Sepertinya itulah istilah yang cocok untuk menggambarkan sekolah kopi terbaik yang satu ini. dengan biaya yang cukup tinggi, mutu sekolah bernama Caswell’s Coffee Lab dari Boncafe Indonesia ini memang tidak perlu diragukan lagi. 

Tempat sekolah kopi ini pun bahkan sudah terakreditasi sejak 1 Desember 2016 oleh Specialty Coffee Association of America (SCAA) Campus. SCAA ini merupakan asosiasi perdagangan kopi terbesar di dunia.

Pelatihan pada Caswell’s Coffee Lab sendiri terbagi menjadi dua. Basic Training untuk para barista pemula dan pelatihan untuk para profesional. Kemudian pada Basic Training Anda pun bisa memilih kelas mana yang Anda minati. 

Pada Basic Training sendiri tersedia empat kelas yang bisa Anda pilih. Mulai dari Basic Cupping, Basic Barista, Advance Cupping, dan Quality Grader. Untuk Quality Grader sendiri merupakan program khusus bagi Anda yang berminat menjadi seorang cuppers

Nah, selain Caswell’s Coffee Lab beberapa sekolah barista yang cukup populer di Indonesia adalah Indonesia Coffee Academy. Kemudian ada juga ABCD School of Coffee. Lalu ada 5758 Coffee Lab. Setelah itu ada Universita Del Caffe Dell Indonesia (UDC). Dan sekolah barista terakhir yang cukup populer adalah Caswell’s Coffee Lab





Source link

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *