Ingin Kerja di Luar Negeri? Berikut Beberapa Negara Pilihan


Ajaib.co.id – Bagi sebagian orang, kerja di luar negeri tentu menjadi impian mereka. Ada banyak alasan yang menjadi dasar dari keinginan mereka untuk bekerja di luar negeri. Mulai dari penghasilan yang lebih besar, dapat mengunjungi negara asing, mengenal budaya dan kebiasaan orang-orangnya, hingga menambah pengalaman dalam bekerja.

Akan tetapi, keinginan tersebut mungkin tidak semudah jalan untuk mendapatkan kesempatan kerja di luar negeri. Mengingat, banyak perbedaan gaya hidup, bahasa, dan budaya yang jelas jauh berbeda. Belum lagi jenis pekerjaan seperti apa yang ingin kamu dapatkan ketika bekerja di luar negeri. Hal ini jelas berpengaruh dengan skill atau kemampuan yang dimiliki agar dapat dilirik oleh perusahaan asing hingga dapat mempekerjakan kamu.

Akan tetapi, jika kamu sudah memutuskan tekad untuk bekerja di luar negeri, tidak ada salahnya untuk mempersiapkan kira-kira negara mana yang akan kamu tuju untuk mendapatkan pekerjaan. Nah, berikut ini ada beberapa rekomendasi negara yang dapat dijadikan tempat untuk kamu kerja di luar negeri. Apalagi beberapa negara berikut ini memiliki nilai upah minimum yang tinggi jika dikonversikan ke mata uang Rupiah.

Amerika Serikat

Amerika Serikat menjadi salah satu negara tujuan dari banyak orang untuk kerja di luar negeri. Salah satu negara adidaya ini merupakan negara dengan multikultural yang cukup tinggi, di mana banyak ras, agama, dan suku yang ada di berbagai belahan dunia tinggal serta bekerja di Amerika. Tidak heran jika banyak orang yang memiliki impian untuk kerja di Amerika Serikat.

Ada banyak pekerjaan yang bisa didapatkan oleh siapapun di negara tersebut. Mulai dari pekerjaan yang lebih menggunakan otot hingga pekerjaan yang sifatnya cukup bergengsi. Upah paling kecil untuk pekerjaan di Amerika Serikat sendiri berkisar antara 400-449 USD atau setara Rp6,9 juta per bulan mengikuti kurs saat ini.

Hal ini didukung dengan Amerika Serikat yang merupakan negara dengan teknologi maju sehingga fasilitas publik tersedia secara banyak dan biaya hidup yang murah. Hal ini berarti biaya hidup di Amerika Serikat dapat ditoleransi dengan penghasilan yang didapat setiap bulannya.

Singapura

Negara selanjutnya yang menjadi negara tujuan banyak orang untuk bekerja adalah Singapura. Negara yang masih bertetangga dengan Indonesia ini memang sudah lama menerima karyawan atau pekerja dari Indonesia. Pada dasarnya, rata-rata gaji pekerja di Singapura cukup sulit diukur karena tidak adanya UMK yang berlaku di negara tersebut.

Setiap perusahaan akan mengacu pada kualitas yang dimiliki oleh setiap karyawan dalam bekerja sehingga besaran dari penghasilan akan disesuaikan dengan pengalaman dan kemampuan yang dimiliki. Namun, upah minimum yang biasa diterima oleh pekerja biasanya sekitar 1302 SGD atau setara Rp14 juta per bulan.

Akan tetapi, biaya hidup di negara tersebut dikenal karena cukup mahal. Untuk sekali makan saja, kamu bisa menghabiskan Rp60-80 ribu. Ditambah dengan tempat tinggal berupa sewa apartemen yang harganya bisa 4 kali lipat dari harga sewa apartemen di Indonesia dalam satu bulan.

Hongkong

Negara Hongkong merupakan negara selanjutnya yang ramah dengan tenaga asing khususnya Indonesia. Ada banyak Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Hongkong yang bekerja sesuai dengan keahlian mereka masing-masing. Hongkong menjadi salah satu negara yang memiliki perkembangan ekonomi cukup tinggi sehingga biaya hidup di sana cukup mahal seperti Singapura.

Bisa dikatakan Hongkong menjadi negara dengan biaya hidup paling mahal se-Asia. Upah minimum yang biasa diterima para pekerja sekitar 10.382 HKD atau setara dengan Rp19 juta. Hal ini berarti besaran penghasilan dan biaya hidup cukup sejalan. Oleh karena itu, Hongkong bisa menjadi pilihan bagi kamu yang ingin kerja di luar negeri.

Inggris

Negara selanjutnya merupakan negara yang menjadi impian banyak orang untuk datang ke sana yaitu Inggris. Negara yang menjadi bagian dari Inggris Raya ini merupakan salah satu tujuan banyak orang untuk bekerja dan kuliah. Walaupun Inggris menjadi negara dengan biaya hidup paling tinggi, hal ini sejalan dengan penghasilan yang didapat per bulannya yaitu minimal 1200 Pound atau setara dengan Rp23 juta.

Tidak heran jika Inggris menjadi tujuan banyak orang untuk kerja di luar negeri. Apalagi didukung dengan lingkungan yang didominasi orang-orang ramah, disiplin, dan bersih. Kamu bisa mencari tempat tinggal berupa sewa apartemen.

Korea Selatan

Salah satu negara di benua Asia yang menjadi tujuan untuk kerja di luar negeri berikutnya adalah Korea Selatan. Demam Kpop yang tengah melanda dunia termasuk Indonesia dalam beberapa tahun belakangan ini meningkatkan ketertarikan banyak orang untuk tidak hanya berkunjung ke sana, namun juga untuk bekerja.

Upah minimum yang diberikan bagi pekerja di negara ini sekitar 2,4 juta KRW atau setara dengan Rp31 juta per bulan. Penghasilan sebesar itu jelas cukup fantastis bagi kamu yang mungkin biasanya hanya menerima gaji sekitar Rp5-6 juta per bulan. Nah, untuk biaya hidup di Korea Selatan sendiri tidak begitu mahal dibanding negara-negara lainnya.

Ada banyak pengalaman dari para blogger yang pernah tinggal dan bekerja di Korea Selatan menjelaskan bahwa rata-rata untuk makan sehari menghabiskan biaya sekitar 6000 KRW atau setara Rp77 ribu. Ditambah dengan biaya tempat tinggal berupa sewa apartemen senilai Rp2-6 juta per bulan. Dengan penghasilan sebesar itu tentu kamu masih menyisakan uang dari penghasilan untuk kebutuhan lainnya.

Finlandia

Negara selanjutnya yang menjadi tujuan untuk kerja di luar negeri berada di benua Eropa bagian Utara. Negara yang dikenal sebagai negara paling bahagia ini bisa menjadi pilihan bagi kamu untuk bekerja. Akan tetapi satu hal yang harus diketahui bahwa kualitas pendidikan dan pekerjaan di negara ini merupakan salah satu yang terbaik.

Jadi, ketika kamu memutuskan untuk bekerja di negara ini kamu diharuskan memiliki kemampuan dan keahlian yang berkualitas juga pastinya. Selain itu, hal yang membuat negara ini menjadi negara paling bahagia di dunia adalah karena durasi bekerja maksimal hanya selama 5 jam dalam sehari. Untuk penghasilan yang didapat saat bekerja di sini sekitar 2009 Euro atau setara Rp34 juta per bulan. Pastinya kamu akan ikut bahagia.

Beberapa pilihan negara tersebut tentu bisa menjadi referensi kamu yang tertarik kerja di luar negeri dengan penghasilan tinggi, budaya dan bahasa yang berbeda, pengalaman yang luar biasa, dan masih banyak lainnya. Namun, jangan lupa untuk tetap menyimpan dan merencanakan keuangan kamu secara baik, salah satunya dengan berinvestasi.

Ada banyak instrumen investasi yang bisa kamu pilih seperti investasi saham melalui aplikasi Ajaib. Ajaib merupakan media investasi online yang dapat membantu kamu berinvestasi di instrumen saham. Yuk, download aplikasi Ajaib di smartphone kamu dan mulai untuk berinvestasi sekarang.





Source link

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *