Inilah Tips Untuk Menjadi Kolektor Lukisan Terkenal

Menjadi kolektor lukisan saat ini tidak hanya menjadi hobi, tapi juga bisa menjadi investasi masa depan yang bagus. Walaupun lukisan bukan termasuk investasi yang pasti seperti emas, obligasi dan lainnya, memiliki lukisan terkenal bisa menjadi kebanggaan tersendiri bagi kolektor. Mereka biasanya tidak hanya menyimpan lukisan tersebut sebagai koleksi pribadi, tapi dijadikan lahan bisnis yang bisa dijajal.

Kolektor Lukisan Terkenal Bisa Menjual Lagi Lukisannya

Alasan mengapa kolektor lukisan bisa menjadikan koleksinya sebagai bisnis adalah mereka bisa menjual lukisan tersebut ke kolektor lain. Kolektor lukisan biasanya punya komunitas yang kuat, teman-temannya juga banyak yang menjadi kolektor lukisan sehingga mudah menemukan calon pembeli. Mereka juga biasanya mengadakan acara yang berkaitan dengan lukisan untuk menumbuhkan kecintaan masyarakat sekitar dengan lukisan.

Ada juga yang membuka pameran untuk memamerkan koleksi-koleksinya. Pameran itu dibuka untuk umum sehingga siapa saja bisa mengunjunginya. Kolektor lukisan menerapkan tarif untuk para pengunjung, dan dari sinilah mereka mendapatkan keuntungan. Pameran ini juga bisa menjadi kesempatan para pelukis agar karyanya lebih dikenal oleh publik.

Dua bisnis itulah yang biasanya seorang kolektor lukisan terapkan. Namun, untuk menyelenggarakan pameran dibutuhkan dana yang cukup mulai dari menyewa lokasi pameran. Lokasi ini paling bagus jika berada di pusat kota agar mudah dijangkau oleh para pengunjung, dan harus diperhatikan juga biaya sewanya. Tentunya kolektor lukisan hanya ingin memilih lokasi yang sekiranya bagus dan tarifnya wajar.

Cara Menjadi Kolektor Lukisan Terkenal yang Sukses

Mungkin awalnya kamu mengira, seseorang yang memutuskan menjadi kolektor lukisan terkenal itu dilakukannya hanya karena hobi semata. Memang benar ada yang awalnya melakukan karena alasan hobi. Namun, banyak juga yang menjadi kolektor lukisan karena ingin menghargai karya-karya para pelukis.

Setelah berhasil mendapatkan lukisan yang diinginkan, mereka tidak hanya akan memajangnya di lokasi terpilih, tapi juga merawatnya hingga terlihat nyaman untuk dilihat dalam kurun waktu bertahun-tahun ke depan. Lukisan juga perlu dirawat dengan baik agar tidak mudah ditempeli debu, dan hal-hal lain yang bisa merusak penampilannya.

Para pelukis sudah membuat lukisannya dengan susah-payah. Kolektor lukisan menghargainya bukan hanya dengan cara membeli, tapi merawatnya dengan baik juga.

Lalu, bagaimana caranya menjadi kolektor lukisan terkenal yang sukses? Kamu dapat melakukannya dari nol, dan perlu komitmen yang kuat untuk melakukannya. Inilah hal-hal yang perlu kamu persiapkan untuk menjadi kolektor lukisan.

Memiliki Uang yang Berlebih

Harga lukisan itu bervariasi, tergantung siapa yang membuatnya dan bahan apa saja yang digunakan. Semakin terkenal sosok pelukisnya, biasanya harga lukisannya akan semakin mahal. Bahkan ada lukisan yang harganya mencapai miliaran rupiah dengan mengedepankan nilai-nilai estetis yang dimilikinya.

Ada kebanggaan tersendiri ketika kamu berhasil memiliki lukisan terkenal dari sosok terkenal karena biasanya yang mengincarnya tidak hanya kamu. Untuk itulah kamu perlu memiliki uang berlebih agar bisa memiliki lukisan yang kamu inginkan. Harganya biasanya tergantung kesepakatan antara kamu dan pelukis, atau orang lain yang menjualnya.

Jika kamu baru memulai, tidak masalah memiliki lukisan yang dibuat oleh seniman yang belum pernah kamu dengar namanya. Pilihlah lukisan yang kamu senangi. Lalu, coba pajang di salah satu sudut dinding rumah. Ruanganmu pun akan terlihat lebih indah dari biasanya dengan kehadiran lukisan cantik itu.

Bisa Tahu Lukisan Asli dan Palsu

Ini adalah kemampuan yang perlu diasah selama bertahun-tahun karena tidak mudah langsung dimiliki begitu saja. Sebelum membeli lukisan dari pelukis terkenal, kamu harus dapat memastikan bahwa lukisan tersebut merupakan karya dari pelukis yang dimaksud. Saat ini sering ditemukan lukisan tiruan. Pelukis aslinya mungkin tidak berbohong, tapi akan cukup riskan jika kamu membeli lukisan dari orang lain.

Untuk itulah kamu harus tahu itu adalah lukisan asli yang dilukis oleh pelukis yang dimaksud. Cara mengetahuinya kamu bisa melihat apakah tanda tangannya itu benar. Pelukis biasanya membubuhkan tanda tangan di karyanya. Cara lainnya kamu bisa mencari informasi terlebih dahulu kapan lukisan itu dibuat. Atau kamu bisa sering-sering mengobrol dengan kolektor senior untuk berbagi informasi.

Rajin Mendatangi Pameran Lukisan

Kolektor lukisan biasanya mendapatkan lukisan yang diincarnya di berbagai pameran lukisan. Pameran lukisan ini tidak hanya ada di dalam negeri, mereka yang pro biasanya bersedia mendatangi pameran lukisan yang ada di luar negeri.

Dengan mendatangi pameran di luar negeri, jenis koleksi lukisanmu biasanya akan lebih beragam. Oleh karena itulah profesi kolektor diharuskan memiliki komitmen yang kuat. Yang bersungguh-sungguh yang biasanya akan mendapatkan apa yang diinginkannya.

Pintar Bernegosiasi

Kolektor lukisan juga harus bisa bernegosiasi seperti seorang pebisnis pada umumnya. Kamu memang diharuskan membayar lukisan dengan harga yang layak, tapi juga kamu perlu realistis. Artinya kamu bisa menawarkan harga yang kamu inginkan. Seorang kolektor lukisan yang pro biasanya sudah mampu menakar berapa harga sebuah lukisan dari pelukis terkenal.

Negosiasi ini dilakukan dengan baik-baik sampai ada kesepakatan. Lakukan secara transparan juga agar ke depannya tidak ada konflik. Sama seperti berbisnis, melakukan penawaran pun ada etikanya.

Seperti itulah cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk menjadi kolektor lukisan yang handal. Profesi ini tidak hanya sekadar hobi karena bisa mendatangkan keuntungan padamu. Bergabunglah ke sebuah komunitas agar pengetahuanmu tentang lukisan bisa bertambah. Kamu nanti pasti akan mahir memilih lukisan yang diinginkan dan asli juga.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *