Kunci Sukses Susi Pudjiastuti Bangun Bisnis Susi Air


Ajaib.co.id – Tentunya butuh proses panjang sehingga Susi Air berhasil menjadi salah satu maskapai penerbangan terbaik di Indonesia. Namun yang cukup mengejutkan adalah cara Susi Pudjiastuti dalam mengembangkan bisnisnya ini. Bisa dikatakan berbeda dengan para pengusaha pada umumnya. 

Namun tampaknya usaha Susi selama ini mampu membuahkan hasil yang memuaskan. Terbukti kini maskapai penerbangan yang dimilikinya termasuk salah satu yang terbaik di Indonesia. Sebagai pengusaha, tentunya tidak ada salahnya untuk belajar dari proses Susi dalam mengembangkan bisnisnya yang satu ini. 

Perjalanan Susi Bangun Susi Air

Tidak lagi mengurusi negara, mantan Menteri Kelautan dan perikanan kini kembali fokus ke bisnis yang dimilikinya. Nah, salah satu bisnis utamanya adalah maskapai penerbangan. Maskapai penerbangan milik Susi ini pun sudah berhasil mengembangkan sayap hingga ke Papua. 

Bisa dikatakan bisnis penerbangan yang dikelolanya ini sudah mampu mendatangkan pundi-pundi yang tidak sedikit ke kantong pribadinya. Bahkan perusahaan yang dimiliki Susi ini memiliki aset hingga Rp1 triliun. 

Dulu, Susi hanya menjadi pengepul ikan di TPI alias Tempat Pelelangan Ikan yang ada di Pangandaran Jawa Barat. Pada saat itu modal awal usahanya hanya Rp750 ribu. Itu pun Ia dapatkan dari hasil menjual perhiasan. 

Usaha pengepul ikan yang Susi rintis sejak tahun 1983 ternyata tidak berakhir sia-sia. Ia sukses mengembangkan bisnisnya menjadi sebuah bisnis yang besar. Bahkan bisnisnya berkembang hingga ke Asia dan Amerika. 

Dari situlah akhirnya Ia memilih sarana transportasi udara yang memadai. Susi pun kemudian memberanikan diri untuk membeli pesawat sendiri. Lewat modal Rp20 miliar pinjaman dari bank. 

Adapun suami Susi saat itu juga merupakan seorang mekanik pesawat dan pilot di Indonesia. Tidak mengherankan jika kini Ia berhasil meraih kesuksesan karena selalu mengembangkan bisnis dan berani mengambil risiko. 

Nah, dari perjalanan singkat bisnis Susi di atas, sebenarnya ada beberapa pelajaran yang bisa diambil. Utamanya untuk Anda yang kini baru merintis bisnis. Pelajaran yang bisa diambil adalah dalam membangun bisnis harus selalu mengembangkan bisnis dan berani mengambil risiko. Itulah dua titip poin penting yang bisa ditiru. 

Aset Kekayaan Susi Pudjiastuti

Susi Pudjiastuti dikenal sebagai sosok yang independen, tegas, dan berani. Sikap itulah yang kemudian berhasil mengantarkan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan ini menjadi sosok pengusaha sukses dan disegani. 

Meskipun dikenal bergelimang harta, namun wanita nyentrik ini cukup memiliki gaya hidup sederhana. Bahkan mobil paling mahalnya pun hanya ditaksir seharga Rp270 juta. Tentunya sangat kontras dengan jumlah kekayaan yang dimilikinya. 

Memangnya berapa total harta kekayaan Susi Pudjiastuti? Berikut ini ulasan selengkapnya terkait dengan harta kekayaan yang dimiliki Susi.  

Kelola Bisnis Ekspor Ikan 

Memutuskan untuk tidak melanjutkan pendidikan di SMA Negeri 1 Yogyakarta, Ia lantas memutuskan untuk menjalani bisnis. Hanya bermodal nekat, Ia pun memutuskan untuk menjadi pengepul ikan. 

Susi pun lantas mendirikan PT ASI Pudjiastuti Marine Product sebagai hasil kerja kerasnya selama ini. Berawal pada tahun 1996, bisnis ekspor ikannya kini didominasi oleh produk lobster yang jadi andalannya. 

Susi Air

Usia membeli pesawat sendiri untuk membantu korban tsunami di Aceh, Susi pun akhirnya memutuskan membuka bisnis di dunia penerbangan yang Ia beri nama Susi Air. Bisnis yang Ia mulai dari pinjaman bank untuk membeli pesawat jenis Cessna Caravan. Pesawat yang menjadi aset pertama baginya saat mendirikan PT ASI Pudjiastuti Aviation pada 2004 silam. 

Memiliki Banyak Properti

Susi tercatat memiliki banyak properti berupa 78 bidang tanah dan bangunan. Properti tersebut tersebar luas di tanah kelahirannya, yakni Kabupaten Ciamis. Meskipun selain dari hasil bisnisnya, Susi juga memiliki beberapa aset berupa tanah warisan. Namun tidak hanya di kampung halamannya saja, Susi diketahui juga memiliki 1 bidang tanah seluas 184 meter persegi yang ada di Jakarta Selatan. 

Mobil dan Motor untuk Bisnis

Susi memang dikenal sebagai sosok yang pantang menyerah dan ingin terus mengembangkan bisnisnya. Menghindari gaya hidup foya-foya, Ia justru memilih membeli 6 unit mobil dan 8 unit motor yang digunakan sebagai alat transportasi untuk menjalankan bisnisnya. 

Aset Tidak Bergerak

Selain properti dan alat transportasi yang bisa dikatakan tidak terlalu mewah, Ia diketahui masih memiliki kekayaan lain. Misalnya saja seperti harta tak bergerak dengan nilai total Rp895 juta, surat berharga Rp1.760.000.000, serta kas sebesar Rp4 miliar lebih. 

Total Kekayaan Susi Pudjiastuti

Berbekal ijazah SMP dan keahliannya dalam menemukan berbagai potensi sumber daya di laut, Susi pun lantas ditunjuk sebagai orang nomor satu di Kementerian Kelautan dan Perikanan di era kepemimpinan Presiden Jokowi periode pertama. 

Meskipun gajinya sebagai menteri terhitung kecil jika dibanding hasil bisnisnya, Ia tetap bekerja dengan sepenuh hati. Selama menjabat Susi pun berhasil menerbitkan beberapa terobosan kebijakan bagi kedaulatan laut RI. 

Nah, berdasarkan data Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) KPK yang Ia laporkan pada November 2019, Susi diketahui memiliki total kekayaan sampai dengan Rp78 miliar. 

Diketahui jika aset terbesarnya berupa tanah dan bangunan dengan harga ditaksir mencapai Rp70 miliar. Coba Anda bayangkan, sosok yang hanya lulusan SMP saja bisa sukses seperti ini. Tentunya Anda harus belajar banyak dari perjalanan bisnis pemilik Susi Air tersebut.





Source link

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *