Manfaat Garam Himalaya untuk Obat Berbagai Jenis Penyakit


Ajaib.co.id – Sudah tahu apa saja manfaat Garam Himalaya? Atau justru baru kali ini Anda mendengar Garam Himalaya. Sayang sekali jika Anda baru mendengarnya. Sebab Garam Himalaya ini dikenal memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan tubuh. Penasaran apa saja manfaatnya? 

Garam Himalaya tidak mudah untuk didapatkan. Jenis garam yang satu ini bukan berasal dari laut seperti garam pada umumnya. Garam Himalaya berasal dari tambang garam terbesar kedua di dunia bernama Khewra Salt Mine yang terletak di kaki Gunung Himalaya. 

Garam Himalaya dikatakan sebagai salah satu garam paling murni yang ada di dunia. Garam ini sudah terkubur selama ribuan tahun di bawah lapisan lava, salju, dan es. Warna Garam Himalaya pun berbeda dengan warna garam lainnya. Garam ini memiliki warna merah muda atau pink

Beda Garam Himalaya dengan Garam Biasa

Berbeda dengan garam yang sering digunakan untuk memasak, Garam Himalaya ini tidak mengalami pemrosesan terlebih dahulu. Maka dari itu tidak ada zat tambahan yang ditambahkan ke dalamnya. Hal inilah yang membuat Garam Himalaya sangat murni dan memiliki konsentrasi mineral serta warna yang masih sangat alami. 

Di sisi lain, Garam Himalaya juga mengandung lebih sedikit natrium jika dibandingkan dengan garam pada umumnya. Misalnya saja dalam ¼ sendok teh, garam umumnya mengandung 600 mg natrium. Sementara itu Garam Himalaya hanya mengandung 420 mg natrium. 

Kondisi inilah yang menjadikan garam ini bisa membantu untuk mengontrol tekanan darah. Garam Himalaya diklaim baik dikonsumsi oleh orang dengan tekanan darah tinggi, penyakit ginjal, gagal jantung, dan sirosis hati. 

Asupan natrium yang berlebihan di dalam tubuh tentu saja tidaklah baik. American Heart Association merekomendasikan asupan natrium tidak lebih 2300 mg/hari untuk semua orang. Sementara itu batas konsumsi natrium tidak lebih 1500 mg/hari untuk orang dewasa. Utamanya untuk Anda yang memiliki masalah dengan tekanan darah. 

Garam Himalaya Mengandung Banyak Mineral

Salah satu alasan kenapa manfaat Garam Himalaya bisa mengobati berbagai jenis penyakit adalah karena memiliki kandungan berbagai mineral. Hal ini bisa dilihat dari warna yang dimilikinya. Garam Himalaya dikatakan mengandung hampir 80 jenis mineral berbeda. Selain kandungan zat besi yang memberikan warna pink, garam ini dikatakan juga mengandung mineral jenis lainnya. 

Misalnya seperti magnesium, kalsium, kalium, klorida, fosfor, fluoride, boron, yodium, selenium, seng, tembaga, dan lain sebagainya. Mineral-mineral seperti ini tentunya sangat diperlukan oleh tubuh. Tetapi sebesar 97% Garam Himalaya terdiri dari natrium klorida. Sementara itu sisanya 3% adalah mineral lain dalam konsentrasi kecil.

Garam Himalaya Mengandung Antimikroba

Antimikroba yang ada di dalam garam selama ini lebih sering dimanfaatkan untuk mengawetkan makanan. Namun ternyata antimikroba dalam garam juga bermanfaat untuk kesehatan. Pasalnya antimikroba dalam garam bisa digunakan tubuh untuk membantu melawan infeksi.  

Selain itu, berbagai hasil penelitian pun telah membuktikan jika asupan natrium tinggi yang diperoleh dari garam mampu meningkatkan respons kekebalan tubuh. Maka dari itu, konsumsi Garam Himalaya atau garam jenis lain bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh. Selain itu, menggunakan Garam Himalaya untuk mandi atau dioleskan ke kulit dikatakan bisa membantu mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur pada kulit. 

Garam Himalaya untuk Menyeimbangkan Kadar pH Tubuh

Sebelumnya sudah disebutkan jika natrium adalah salah satu kandungan terbesar dalam Garam Himalaya. Sementara itu, natrium sendiri merupakan zat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menetralkan asam dan menyeimbangkan pH. Maka dari itu manfaat Garam Himalaya bisa membantu mengatasi asam lambung hingga menjaga perut tidak kembung dan mual.

Di sisi lain, jika pH tubuh sudah seimbang, Anda tidak perlu khawatir lagi badan akan mudah sakit. Hal ini dikarenakan sistem kekebalan tubuh senantiasa meningkat. Tulang-tulang pun akan lebih pada. Sendi lebih kuat dan batu ginjal pun akan lebih bersih.

Untuk Anda yang ada keluhan dengan penyakit maag, Garam Himalaya adalah obat terbaiknya. 

Garam Himalaya sebagai Obat Alami Kanker

Berbagai hasil penelitian sudah membuktikan jika Garam Himalaya juga memiliki kemampuan untuk menyembuhkan pasien kanker secara general. Zat sodium dan ion klorida yang terkandung di dalamnya terbukti ampuh untuk memperlambat pertumbuhan sel kanker. 

Bahkan jika dikonsumsi secara rutin, Garam Himalaya bisa membunuh kanker langsung dari sumbernya. Penelitian yang dilakukan para ilmuwan Austria ini lalu dikembangkan sebagai riset luas untuk memerangi kanker payudara dan darah. 

Garam Himalaya Mampu Mengeluarkan Racun dalam Tubuh

Selain untuk dikonsumsi, Garam Himalaya juga sering dimanfaatkan sebagai medium spa. warga Pakistan dan Mongolia sering menggunakannya sebagai scrub ketika berendam. Alasannya karena efeknya yang menenangkan serta mampu mengusir racun dari tubuh. 

Ada dua jenis Garam Himalaya yang digunakan untuk berendam. Pertama adalah Garam Himalaya yang berbentuk padat. Umumnya garam ditaruh di dalam bathtub lalu dibiarkan larut bersama air hangat saat berendam. Sementara itu jenis yang kedua adalah scrub yang dipakai untuk menggosok badan. 

Bahaya Garam Himalaya

Menurut penelitian dari University of Aberdeen, bahaya Garam Himalaya hanya terbatas pada produk tertentu saja. Pasalnya garam ini tidak hanya diolah sebagai bumbu dapur. Tercatat cukup banyak perusahaan yang mencampurkan garam kristal ini di dalam produk mereka. Misalnya saja seperti permen Himalayan Salt

Permen asam manis seperti ini sempat populer beberapa tahun lalu. Meskipun lezat di lidah, permen ini ternyata membahayakan bagi beberapa orang. Utamanya yang memiliki masalah kesehatan dan kondisi tertentu.

Mohd Khairul Azuan, seorang peneliti asal Indonesia menyebutkan jika permen yang mengandung Garam Himalaya bisa berbahaya untuk ibu hamil. Di dalam riset nya Ia juga menyebutkan jika orang-orang yang memiliki gula darah tinggi dilarang untuk mengonsumsi permen ini. Alasannya bisa menghasilkan hipertensi. 

Terlepas dari itu semua, manfaat dari Garam Himalaya bisa dikatakan lebih besar dari jenis garam pada umumnya. Oleh sebab itu sepertinya sangat disayangkan jika Anda tidak mengambil manfaat Garam Himalaya ini. 





Source link

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *