Mengenal Jenis Ikan Koi Populer yang Banyak Diincar


Ajaib.co.id – Sudah tahukah Anda jika ternyata jenis-jenis ikan Koi bisa dibedakan berdasarkan pola, warna sisik, dan ukurannya? Dan sudah tahukah Anda jika ikan berwarna cerah ini memerlukan perawatan khusus dibanding ikan jenis air tawar lainnya? 

Kira-kira perawatan seperti apa yang diperlukan? Apakah setiap jenisnya memerlukan cara perawatan yang berbeda-beda? Nah, untuk tahu itu semua, simak sampai akhir ulasan tentang jenis ikan koi dan cara perawatannya ini. 

Mengenal Koi Jenis Asagi

Koi Asagi memiliki pola seperti jaring berwarna biru pada bagian punggungnya. Sementara itu pada bagian perut, insang, dan siripnya memiliki kombinasi warna merah dan oranye. Dan kombinasi tersebut akan berkembang dari bagian bawah tubuhnya seiring bertambahnya usia ikan. 

Koi jenis Asagi kualitas unggulan umumnya memiliki ciri khas sangat spesial. Yakni pola merah yang ada di perutnya tidak akan pernah meluas hingga atas garis rusuk. Jenis Asagi sendiri umumnya dibedakan lagi berdasarkan variasi warnanya. 

Koi Asagi yang memiliki warna punggung biru terang disebut Mizu Asagi. Sementara yang memiliki warna biru agak gelak disebut Narumi Asagi. Kemudian yang memiliki warna biru gelap nyaris hitam disebut Konjo Asagi. 

Mengenal Koi Jenis Kohaku

Jika Anda mencari jenis ikan Koi paling cantik di dunia, sudah pasti tidak akan memilih yang jenis Kohaku ini. Kenapa? Banyak penggemar Koi yang merasa jika Kohaku justru lebih mirip dengan ikan Mas. 

Padahal Koi yang memiliki warna dasar putih dengan corak merah besar di atasnya ini merupakan varietas Koi pertama yang ada di Jepang. Sehingga banyak pecinta Koi yang sudah senior, umumnya akan mengoleksinya berdasarkan bentuk pola coraknya yang indah. 

Sementara itu untuk jenis-jenis Koi Kohaku pun dibedakan berdasarkan bentuk corak yang terdapat pada punggungnya. Salah satu diantaranya adalah Maruten yang memiliki dasar putih serta corak bundar yang ada di kepala dan punggungnya. 

Kemudian ada lagi jenis Nidan yang memiliki dua corak yang ada di sepanjang punggung. Ada juga Inazuma yang hanya memiliki satu corak yang ada di sepanjang punggung dengan bercak yang berbentuk petir. 

Mengenal Koi Jenis Bekko

Koi jenis Bekko bisa dikatakan sebagai jenis ikan Koi yang memiliki pola seperti batu pijakan warna hitam. Pola ini akan muncul pada bagian punggung Koi. Melintang namun tidak akan sampai kepalanya. 

Koi jenis Bekko sendiri umumnya dibedakan lagi menjadi tiga. Perbedaan tersebut umumnya diambil berdasarkan warna dasarnya. Untuk yang memiliki warna dasar putih disebut dengan Shiro Bekko. Untuk yang memiliki warna dasar merah disebut dengan Aka Bekko. Sementara yang memiliki warna dasar kuning disebut dengan Ki Bekko

Mengenal Koi Jenis Showa

Koi jenis Showa ini termasuk jenis Koi yang sangat terkenal di kalangan penghobi Koi. Meskipun secara corak warna, Koi jenis Showa ini terlihat mirip dengan Sanke. Tetapi sebenarnya tetap saja ada perbedaan yang bisa dilihat dengan sangat jelas. 

Perbedaan yang paling terlihat adalah warna polanya yang berbalikan dengan Sanke. Yang mana coraknya akan menunjukkan warna putih dan merah menutupi warna dasar ikan yang hitam. Selain itu, berbeda dengan Sanke, warna hitam pada Koi jenis Showa juga bisa menutupi kepalanya. 

Yang cukup menarik, pada beberapa Koi jenis Showa dengan kualitas tinggi, coraknya bisa terlihat menyerupai tanda petir. Bahkan tidak jarang coraknya akan tampak seperti berbentuk bunga. 

Mengenal Koi Jenis Sanke

Sekilas jika diperhatikan ikan Koi yang satu ini terlihat mirip dengan jenis Kohaku. Namun yang membedakan kedua jenis Koi ini adalah pola warna merah yang ada di punggung Sanke. Yang biasanya dikombinasikan dengan warna hitam. 

Meskipun pada umumnya kombinasi dua warna Koi jenis Sanke seharusnya berada di atas warna dasar putih, namun tidak menutup kemungkinan ditemukan variasi lainnya. Adakalanya warna hitamnya bisa saja menutupi bagian corak warna merah. Atau ada juga yang berselang-seling antara merah dan putih. 

Oleh sebab itu, jenis Koi Sanke pun dikategorikan berdasarkan dari letak belang hitamnya. Misalnya saja Koi Sanke yang berwarna dasar putih belang hitam disebut Tsubo. Sementara itu yang memiliki bercak hitam menutupi warna merah disebut dengan Kasane Sumi. 

Idealnya, Koi jenis Sanke ini harus memiliki Tejima. Yakni tiga atau empat garis hitam yang ada pada sirip dadanya. Meskipun ada kalanya tidak hanya di bagian siripnya saja. Sebab terkadang garis tersebut juga bisa ditemukan di bagian sirip yang lain. 

Mengenal Koi Jenis Shusui

Koi jenis Shusui termasuk dalam jenis Koi yang tidak memiliki sisik selain pola sisik besar yang terdapat pada punggungnya yang membentang dari kepala hingga ekor. Hal ini disebabkan Shusui merupakan hasil persilangan Koi jenis Asagi dengan ikan Mas Jerman. 

Pola sisik itu pun dikatakan turunan dari Asagi. Namun yang membedakan adalah pola sisik yang ada di punggung Koi Shusui kecil-kecil. Sementara itu Koi Asagi masih memiliki sisik di tubuhnya. 

Sementara itu klasifikasi Koi Shusui dibedakan berdasarkan warna pola yang ada di tubuhnya. Untuk yang memiliki warna merah di perut dan melebar ke atas hingga menutupi punggungnya disebut Hi Shusui. Kemudian yang ada garis berwarna merah tambahan di antara rusuk dan punggungnya disebut dengan Hana Shusui. 

Mengenal Koi Jenis Utsurimono

Koi jenis ini dikatakan sebagai Koi dwiwarna yang memiliki warna dasar hitam. Sementara itu variasi warna coraknya umumnya hanya ada 3. Yakni putih (Shiro Utsuri), kuning (Ki Utsuri), dan merah (Hi Utsuri).

Meskipun Utsurimono termasuk dalam jenis Koi yang menarik, namun Anda tetap harus hati-hati. Sebab warnanya bisa mengalami pemudaran. Ketika terjadi pemudaran, umumnya akan timbul noda hitam pada pola warna jenis ikan. Sehingga akan mengurangi keindahan dari jenis ikan Koi yang satu ini.





Source link

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *